Daftar Blog Saya

Senin, 17 September 2012

Tradisi Ronda yang Unik

Sumberjo, Tradisi Ronda yang Unik

Sumberjo merupakan salah satu dusun yang terdapat di desa Nglipar, mata pencaharian masyarakat di dusun ini mayoritas sebagai petani. Dulu di dusun ini banyak terjadi kasus pencurian, maka dari itu saat ini masyarakat mengadakan ronda keliling setiap malam.

Setiap malamnya warga yang dijatah untuk meronda (antara 4 sampai 5 orang) mendatangi rumah warga untuk memastikan bahwa rumah warga yang didatangi dalam keadaan aman. Namun, ada yang berbeda dengan cara ronda warga dusun Sumberjo ini, setiap malamnya warga menyediakan jimpitan berupa beras satu sendok untuk diambil warga yang sedang meronda. Setelah beras terkumpul kemudian peronda menyetorkan kepada ketua RT untuk dijadikan sebagai kas RT. Setelah peronda selesai mendatangi semua rumah warga mereka kemudian berkumpul di pos ronda untuk menjaga keamanan warga.

Dengan diadakan jimpitan ini warga yang dijatah ronda menjadi semakin giat untuk mendatangi rumah warga. Hal ini juga ditujukan untuk melatih kedisiplinan dan membangun rasa kekeluargaan diantara para warga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar