Daftar Blog Saya

Senin, 26 November 2012

Sumberjo is My Village

Sumberjo is My Village

Dusun sumberjo terletak di Kab. Gunungkidul, Kecamatan Nglipar, Kelurahan Nglipar, tepatnya dusun ini terletak di sebelah timur dari Kecamatan Nglipar.

Masyarakat di Dusun Sumberjo ini rata-rata berprofesi sebagai petani, tetapi tidak sedikit yang menjadi pegawai dan wirausaha juga. Walaupun dusun ini terletak tepat di timur kecamatan, dusun ini belum terlalu ramai, di dusun ini belum terdapat toko-toko besar atau pusat perbelanjaan.

Masyarakat di Dusun Sumberjo hidup rukun dengan menjunjung tinggi rasa kemanusiaan dan gotong royong. Seandainya ada salah satu warga yang kesusahan, warga yang lain dengan sebisa mungkin langsung membantu warga tersebut.

Kegiatan Latihan Tari
Di Dusun Sumberjo juga sudah terdapat sanggar tari yang terletak tidak jauh dari balai dusun Sumberjo. Setiap hari minggu anak-anak yang ikut dalam sanggar tari ini melakukam latihan dengan dilatih oleh dua sampai tiga orang pelatih. Selain untuk melestarikan budaya, latihan mereka juga dipersiapkan untuk acara 17 Agustus dan acara-acara lain yang diadakan di Dusun Sumberjo. Beberapa warga yang mengadakan hajatan juga sering mengambil penari dari sanggar tari ini. Sanggar tari di Dusun Sumberjo ini tidak hanya mempelajari tarian jawa, tetapi juga tarian dari luar daerah, seperti tari Bali, dan masih banyak lagi.

Rapat Rutin Karang Taruna
Organisasi di Dusun Sumberjo yang masih berjalan salah satunxa adalah Karang Taruna. Jika ada acara di Dusun Sumberjo, karang taruna inilah yang menjadi panitia pada acara tersebut. Karang taruna juga sering mengadakan kegiatan yang bermanfaat, seperti kerja bakti, membersihkan masjid dan balai dusun. Dua minggu sekali, tepatnya pada sabtu malam, karang taruna Sumberjo juga mengadakan pertemuan/rapat rutin untuk membahas berbagai hal demi kemajuan Dusun Sumberjo. Rapat juga dihadiri oleh kepala dusun, tokoh masyarakat, dan seluruh remaja di Dusun Sumberjo.

Dengan kerukunan dan saling gotong royong, warga di Dusun Sumberjo berusaha membentuk dusun yang aman, nyaman, rukun, tenteram, dan semakin maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar