Daftar Blog Saya

Senin, 05 November 2012

Berburu Hewan Puthul di Senja Hari


Di musim hujan seperti ini dimanfaatkan oleh masyarakat di dusun Sumberjo, Mengger dan masyarakat sekitar nglipar untuk mencari puthul. Puthul adalah sejenis serangga kecil namun tidak beracun, berwarna coklat dan dapat dikonsumsi. Hewan puthul ini biasanya muncul pada musim - musim hujan seperti ini dari lubang persembunyiannya, yaitu di dalam tanah.


Sebagian masyarakat mencari puthul untuk dikonsumsi, dan sebagian lagi mencari puthul hanya untuk berkumpul dengan para warga yang lain di senja hari.

Peralatan yang mereka bawa diantaranya senter, kantong plastik atau stoples. Banyaknya puthul yang mereka dapat jumlahnya tidak tentu, untuk beberapa hari pertama puthul yang mereka dapat cukup banyak namun jika telah beberapa hari di cari populasi hewan ini semakin menurun dan puthul yang mereka dapat pun semakin sedikit.

Hewan puthul biasanya keluar dari persembunyiannya menjelang maghrib dan kembali ke persembunyiannya selepas maghrip, memang tidak begitu lama. Tidak semua warga menyukai hewan puthul ini, yang rela meluangkan waktu untuk mencari hewan puthul ini pun tidak begitu banyak, karena ada orang yang beranggapan bahwa puthul itu hewan yang menjijikkan dan tidak layak untuk di makan bahkan ada juga warga yang alergi akibat mengkonsumsi puthul yang telah di goreng.

Puthul yang mereka dapat langsung di bawa ke rumah untuk dibersihkan dengan air hangat hingga puthul benar - benar bersih, selanjutnya puthul dibumbui dengan garam, bawang, dan penyedap rasa atau sesuai dengan selera masing - masing, setelah dibumbui barulah puthul siap di goreng dan dapat langsung dikonsumsi.

Masyarakat yang mengkonsumsi puthul kebanyakan orang dewasa, tetapi ada juga anak kecil yang mau mengkonsumsi puthul yang telah di goreng, menurut mereka yang mengkonsumsi puthul, hewan ini mengandung protein yang tinggi dan rasanya pun gurih dan lezat.

 

Bagaimana ??? Anda berniat untuk mencobanya ???

Silahkan datang ke nglipar dan ikut untuk berburu puthul pada saat menjelang maghrib. Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar