Daftar Blog Saya

Selasa, 13 November 2012

Tips Meredam Emosi Ketika Masalah Menghampiri Kita

Tips Meredam Emosi Ketika Masalah Menghampiri Kita



Inilah beberapa tips untuk meredam Emosi/Amarah pada diri kita sendiri :

1. Meminta Petunjuk dari Tuhan

Sebaiknya anda langsung berdo'a dan memohon kepada Tuhan agar diberi kesabaran serta meminta petunjuk untuk keluar dari masalah yang sedang kita hadapi. Kita juga bisa melalukan wudlu dan sholat, dengan air wudlu insaallah emosi dalam diri kita akan mereda jika kita melakukannya dengan hati yang tulus dan ikhlas.

2. Merasakan Yang Orang Lain Rasakan

Maksudnya, kita coba membayangkan seandainya kita berada pada posisi orang yang sedang kita marahi. Kita akan merasakan bagaimana rasanya dimarahi. Jika kemarahan itu bersifat mendidik mungkin akan bermanfaat tetapi jika hanya marah-marah tidak jelas maka kita akan merasa malu sendiri.

3. Menenangkan Diri di Tempat Yang Nyaman

Jika kita sedang marah kepada orang lain segeralah berlalu dari orang itu sebelum emosi semakin memuncak. Datanglah ke tempat-tempat yang nyaman, sunyi, dan tepat untuk anda berfikir, jauhi terlebih dahulu tempat - tempat yang terlalu ramai. Setelah emosi meredam barulah anda mulai menyelesaikan masalah anda.

4. Mencari Kesibukan Yang Anda Suka

Dengan adanya kesibukan maka masalah yang membuat kita emosi akan terlupakan. Anda juga bisa dengan melakukan refreshing, mendengarkan musik, berkumpul dengan orang-orang yang anda cintai, dan lain sebagainya.

5. Berfikir Positif

Berfikirlah positif terhadap setiap masalah yang anda hadapi. Jangan pernah memaki-maki atau membenci Tuhan maupun orang tua kita. Hindari tindakan bodoh yang hanya akan merugikan diri sendiri, misalnya minum-minuman keras, memakai narkoba, bunuh diri dan melakukan tindak kekerasan terhadap orang lain.

6. Mencurahkan Isi Hati Kepada Orang Yang Dipercaya

Dengan menceritakan masalah yang kita hadapi kepada orang lain maka kita akan merasa lega, meskipun orang lain belum tentu memberi solusi namun setidaknya anda tidak menyimpan masalah anda seorang diri. Jangan sekali-kali curhat kepada orang yang sekiranya tidak dapat menjaga rahasia kita, curhatlah kepada orang-orang terdekat atau orang kepercayaan anda.

7. Mencari Penyebab Masalah dan Solusinya

Ketika pikiran anda mulai tenang, mulailah dengan mencari sebab timbulnya masalah tersebut agar dapat untuk mencari solusi yang tepat. Pilihlah jalan keluar yang terbaik, maksudnya dalam anda mengambil keputusan jangan sampai merugikan atau menyakiti salah satu pihak.

8. Tidak Terlalu Memikirkan Masalah Yang Ada

Pada saat rasa amarah akan masalah yang kita hadapi mulai datang dan memuncak, maka bersikaplah acuh dan jangan perdulikan masalah itu. Anggap masalah itu sebagai masalah yang tidak penting bagi kita.

9. Berpikir Rasional Sebelum Bertindak

Pada saat anda akan marah kepada orang lain, sebaiknya anda memikirkan terlebih dahulu, apakah masalah yang anda hadapi patut untuk dipermasalahkan atau tidak. Jangan asal marah dan membesar-besarkan masalah yang sifatnya sepele.

Itulah sedikit "tips meredam emosi ketika masalah menghampiri kita" dari saya, semoga bermanfaat.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar